Apakah benar-benar ada cara Anda bisa mendapatkan paparan pemasaran yang berharga tanpa menghabiskan uang?
Anda bertaruh ada. Trik untuk mengungkap metode ini adalah memikirkan cara-cara kreatif Anda bisa mendapatkan produk atau layanan Anda di depan, atau di tangan, prospek Anda. Dan bagian terakhir itu sangat penting. Ini hanya pemasaran yang berharga jika ditargetkan pada orang yang Anda identifikasi kemungkinan besar akan membeli produk atau layanan Anda.
1) Bagikan Pengetahuan Anda
Jika Anda memiliki pengetahuan atau keahlian khusus yang terkait dengan bisnis Anda, pikirkan cara untuk berbagi pengetahuan itu. Pertimbangkan untuk menulis kolom reguler untuk situs web atau publikasi yang menargetkan pelanggan yang sama dengan yang Anda targetkan. Menjadi kontributor tetap untuk majalah atau radio atau program TV.
2) Buat Produk Informasi
Kemasi dan distribusikan pengetahuan Anda dalam bentuk Ezine, Newsletter, atau Laporan Khusus. Bangun daftar kontak Anda dan distribusikan informasi berharga ini secara teratur. Gunakan ini sebagai kesempatan untuk memasarkan produk dan layanan Anda dan pastikan untuk memasukkan penawaran atau bonus khusus kepada penerima yang bertindak pada tanggal tertentu.
3) Menawarkan Seminar dan Melakukan Presentasi
Apakah Anda menawarkan layanan profesional atau pribadi? Pertimbangkan untuk memesan sendiri untuk berbicara di mana Anda dapat memberikan informasi berharga di bidang keahlian Anda kepada kelompok orang. Pastikan grup tersebut mewakili jenis pelanggan atau klien yang Anda yakini paling mungkin mendapat manfaat dari layanan Anda. Taktik ini melayani beberapa tujuan pemasaran.
Pertama, itu membuat Anda keluar di depan prospek Anda. Dalam pemasaran ini disebut "menghasilkan kesadaran" dan ini adalah langkah pertama menuju penjualan.
Kedua, ini memungkinkan orang kesempatan untuk mengenal Anda dan / atau layanan Anda. Dan dengan bisnis layanan, di mana klien membeli "Anda" (itu benar-benar apa yang mereka beli ketika mereka membeli layanan Anda) sangat penting bahwa mereka memahami layanan yang Anda berikan dan bahwa mereka mengenal Anda. Orang suka bekerja dengan orang yang mereka sukai. Diberi pilihan antara mempekerjakan dua orang dengan keterampilan dan layanan yang sama, kebanyakan orang akan memilih orang yang mereka sukai atau merasakan chemistry terbaik.
Pastikan untuk memberikan peserta penawaran khusus pada produk atau layanan Anda di akhir presentasi Anda. Berikan batas waktu penawaran untuk menciptakan urgensi bagi mereka untuk memanfaatkan penawaran di tempat.
4) Berikan Sesuatu
Temukan cara untuk memberikan sampel produk atau layanan Anda. Apakah ada pertemuan asosiasi atau kelompok atau acara lain yang mencari sumbangan untuk diberikan sebagai hadiah pintu?
Mengapa tidak menyumbangkan paket layanan atau produk Anda? Anda akan mendapatkan eksposur (iklan gratis oleh pemimpin grup) di antara seluruh grup ketika paket Anda dilelang, atau diumumkan dan diberikan di depan semua orang. Anda juga memberi orang yang memenangkan paket kesempatan untuk mencicipi produk atau layanan Anda tanpa risiko.
Anda dapat lebih meningkatkan pemasaran ini dengan menawarkan "pemenang" insentif untuk merujuk orang lain kepada Anda. "Pemenang" mungkin juga orang yang hebat untuk memberikan umpan balik kepada Anda, atau kesaksian tentang bagaimana perasaan mereka tentang produk atau layanan Anda, yang dapat Anda gunakan dalam pemasaran di masa depan.
Iya, mungkin ada biaya keras yang terkait dengan produk yang Anda berikan, atau biaya "waktu" yang terkait dengan waktu yang Anda donasikan, namun ketika Anda menimbang biaya itu terhadap jumlah orang yang terpapar produk atau layanan Anda, biasanya itu sepadan. Dan tentu saja murah (dan biasanya lebih efektif!) dibandingkan dengan membeli iklan.
Saran saya adalah memasukkan kegiatan semacam ini ke dalam anggaran operasional Anda dan menganggapnya sebagai biaya untuk melakukan bisnis.
Ada banyak cara untuk menghasilkan paparan produk dan layanan Anda tanpa membayar ruang iklan. Ya, kadang-kadang ini melibatkan pemberian produk atau layanan, tetapi saya tidak menganggap itu sebagai biaya "pemasaran" yang sulit. Saya telah menemukan bahwa manfaatnya selalu lebih besar daripada biaya waktu saya atau produk saya.
Triknya adalah menargetkan dengan baik, atau dengan kata lain, menemukan di mana prospek Anda berkumpul atau media apa yang mereka baca atau lihat, dan kemudian menemukan cara kreatif untuk mendapatkan diri Anda, produk Anda atau layanan Anda, di depan mereka di tempat-tempat itu.
(C) Hak Cipta 2005 Debbie LaChusa, 10stepmarketing